Kamis, 28 Juni 2012

CONTOH SILABUS LENGKAP + SKRIP PEMBELAJARAN

SILABUS  PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                         : SMAN ................
Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia
Kelas                                       : X
Semester                                  :  2
Standar Kompetensi               : Menulis        
                                                 1 Mengungkapkan informasi melalui  penulisan paragraf dan teks pidato 
                                      

Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

alokasi
Waktu

Sumber/
Bahan/
Alat

Pendidikan Karakter
1.1 Menulis hasil  wawancara ke dalam beberapa paragraf dengan menggunakan ejaan yang tepat

Contoh wawancara
·       topik wawancara
·       daftar pertanyaan
·       pokok-pokok isi wawancara
·       penggunaan ejaan dan tanda baca


·   Memilih narasumber untuk diwawancarai
·   Menyusun daftar pertanyaan (5W + 1 H)
·   Melakukan wawancara dengan narasumber yang telah ditentukan
·   Mencatat pokok-pokok informasi yang diperoleh dari wawancara
·   Menuliskan hasil wawancara ke dalam beberapa paragraf dengan ejaan dan tanda baca yang benar


·   Menentukan topik wawancara
·   Menyusun daftar
 pertanyaan dengan memperhatikan 5W+1H
·   Mencatat pokok-
pokok informasi yang diperoleh dari
 wawancara
·   Menuliskan hasil wawancara ke dalam beberapa paragraf

Jenis Tagihan:
·   tugas individu


Bentuk Instumen:
·  uraian bebas

2X40 menit
Buku    Teks
·    Mandiri
·    Rasa ingin tahu
·    Kreatif
·    Gemar membaca
·    demokratis



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah             : SMA N ...........
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas                           :  X (Sepuluh)
Semester                      : 2 (Dua)


Standar Kompetensi             :     Menulis
Mengungkapkan informasi melalui  penulisan paragraf dan teks pidato 
                                      
Kompetensi Dasar                 : 1.1 Menulis hasil  wawancara ke dalam beberapa paragraf       tepat       

Indikator                                :
·   Menentukan topik
·   Menyusun daftar pertanyaan dengan memperhatikan kelengkapan isi (apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana)
·   Mencatat pokok-pokok informasi yang diperoleh dari wawancara
·   Menuliskan hasil wawancara ke dalam beberapa paragraf


Alokasi waktu                        : 2 x 40 menit

A.  Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, siswa diharapkan dapat :
1.      Menentukan topik yang menarik ketika akan melakukan wawancara
2.      Membuat daftar pertanyaan berdasarkan 5W+ 1 H
3.      Mencatat pokok-pokok informasi yang diperoleh setelah melakukan wawancara
4.      Menuliskan hasil wawancara ke dalam beberapa paragraf

Ø  Karakter siswa yang akan diharapkan:
Jenis Tagihan:
a.       tugas individu

Bentuk Instumen:
b.      uraian bebas


B.     Materi Ajar
Contoh wawancara

C.    Metode pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi, inkuiri dan pemberian tugas

D.    Langkah-langkah Kegiatan
Pendahuluan :
·       Guru mengucapkan salam
·         Berdoa dan mengecek kehadiran siswa
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran
·         Menanyakan apakah ada tugas pada pertemuan sebelumnya
·         Melakukan Tanya jawab mengenai materi pada pertemuan sebelumnya

Kegiatan Inti :
·         Eksplorasi
Dalam kegiatan ekplorasi guru :
1.      Memberikan stimulus kepada peserta didik berupa penyampaian materi oleh guru mengenai hal- hal yang harus dipersiapkan agar wawancara dapat berhasil
2.      Peserta didik dapat mengkomunikasikan secara lisan mengenai tahap-tahap melakukan wawancara
3.      Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran

·         Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
1.      Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, Tanya jawab, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertuli.
2.       Memfasilitasi peserta didik berkompetensi secara sehat untuk meningkatkan prestasi peserta didik.
3.      Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok.

·         Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
1.      Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik
2.      Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan
3.      Meluruskan kesalah pahaman terhadap peserta didik

Kegiatan akhir
Dalam kegiatan penutup, guru  :
·         Guru bersama peserta didik menyimpulkan mengenai hal-hal yang berhubungan dengan wawancara.
·         Melakukan penilaian terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
·         Guru memberikan tugas atau pekerjaan rumah.
·         Guru menyampaikan topik atau materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.

E.     Alat dan Sumber belajar
Sumber                 : LKS Bahasa Indonesia kelas X semester 2
Alat                      : papan tulis, spidol, laptop, dan LCD proyektor

F.     Penilaian Hasil Belajar

Indikator

Penilaian

Pencapaian
Teknik
Bentuk
Instrument atau
kompetensi
Penilaian
Instrumen
Soal
1.    Menentukan topik wawancara

2.      Menyusun daftar pertanyaan dengan memperhatikan 5W+1H

3.      Mencatat pokok informasi yang diperoleh dari wawancara


4.Menuliskan hasil wawancara ke dalam beberapa paragraf

Tes
tertulis


Tes
Tertulis













Tes
Tertulis 
Uraian



Uraian














Uraian   
1.    Tentukanlah topik dalam suatu wawancara!

2.    Susunlah daftar pertanyaan berdasarkan 5W+1H!



3.      Catatlah informasi yang diperoleh dari hassil wawancara!



4.      Tulislah hasil wawancara ke dalam bbeberapa paragraph!



Mengetahui,                                                                            Tegineneng, 30 Mei 2012
 Kepala SMP N2 Tegineneng                                                             Guru Mata Pelajaran




Dra. Betnawati, MPd.                                                                         Rositi, S.Pd.
SKRIP PEMBELAJARAN

Pendahuluan
Guru        : “ assalamualaikum Wr. Wb.”
Siswa       : “ Walaikumsalam Wr. Wb. .“.
Guru        : “ baiklah anak-anak, sebelum kita memulai pembelajaran pada hari ini marilah kita
                     berdoa menurut kepercayaan dan keyakinan masing- masing. Berdoa mulai. Berdoa
                     selesai. Sekarang ibu akan mengabsen dulu ya. Ada yangtidak hadir hari ini? .”
Siswa       : “ hadir semua Bu.”
Guru        : “ bagus sekali, dan sekarang kita akan membahas mengenai wawancara. Tujuannya mempelajari pelajaran ini yaitu agar kalian bisa melakukan kegiatan wawancara dengan baik dan dapat menuliskan hasil wawancara, tetapi sebelum kita lanjutkan pada materi wawancara, apakah minggu lalu kalian ada tugas?”
Siswa       : “ tidak Bu.”
Guru        : “ ya, baiklah. Kalau begitu ibu akan bertanya pada salah satu dari kalian.               pertemuan yang lalu kita sudah belajar tentang apa ya ?”
Siswa       : “ kita belajar tentang surat, yaitu surat resmi dan surat tidak resmi, serta cara pembuatannya.”
Guru        : “ ya benar sekali. Apakah ada pertanyaan tentang pelajaran mengenai surat?”
Siswa       : “ tidak ada Bu….”

Ekplorasi
Guru        : “ hari ini kita akan belajar mengenai wawancara . sebelum kalian melakukan praktik wawancara maka terlebih dahulu ibu akan menjelaskan mengenai hal-hal yang harus dipersiapkan agar wawancara dapat berjalan dengan baik atau dapat dikatakan berhasil. Pertama, menentukan tema, tujuan, dan pokok-pokok pikiran yang akan ditanyakan. Kedua, menyusun daftar pertanyaan (5W+1H). Ketiga, Menentukan nara sumber. Keempat yaitumenyiapkan sarana dan prasarana wawancara dan yang terakhir yaitu menyusun hasil wawancara. Sudahmengerti anak-anak?”
Siswa       : “ sudah Bu”.
Guru        : “ Baiklah kalau kalian sudah mengerti, sekarang kita lanjutkan ke tahap-tahap melakukan wawancara. Sebelum ibu paparkan, ada yang sudah tahu tahap-tahapnya?”
Siswa       : “ saya Bu !” 
 Guru       : “ ya silahkan apa saja tahap-tahapnya!”
Siswa       : “ tahap pendahuluan, tanyajawab, dan tahap penutup. Tahap pendahuluan atau pembukaan yaitu bagaimana seorang penanya membuka suatu pembicaraan yang mengacu pada masalah yang akan ditanyakan. Tahap tanya jawab yaitu penanya melakukan tanya jawab sesuai dengan daftar pertanyaa yang telah disusun (5W + 1H). Dan yang terakhir yaitu tahap penutup. Tahap penutup ini maksudnya setelah semua pertanyaantelah diajukan dan dijawab, mak apenanya mengakhiri wawancara dengan bahasa yang baik.”
Guru        : “ bgus sekali                           . Itu sudah benar!”

Elaborasi
Guru        : “ setelah semua dipahami, ibu akan beri kalian tugas kalian. Bentuk kelompok. Satu kelompok dua orang . satu bertugas menjadi penanya dan yang satu lagi bertugah menjadi nara sumber atau penjawab. Setelah itu kalian susun hasil wawancara menjadi beberapa paragraf.masing-masing kelompok harus membuat yang baik dan diakhir pertemuan harus dikumpulkan  karena ini bisa untuk menambah nilai tugas kalian.”
Siswa       : ” Bu, wawancaranya tentang pa ?”
Guru        : “ O……ya, pertanyaan yang bagus. Wawancaranya tentang pendidikan, kesehatan, politik, dan budaya. Misalnya kalian menentukan topic tentang kesehatan yaitu dampak negative dari obesitas. Nah berarti yang satu jadi penanya dan yang satu jadi seorang dokter. Sudah paham dengan tugasnya?”
Siswa       : “ Paham Bu.”

Konfirmasi
Guru        : “ sudah selesai anak-anak?”
Siswa       :” sudsh bu.”
Guru        : “ kalau sudah kumpulkan. Ibu ingin lihat hasil kerja kalian.” (                         mengumpulkan tugas dan guru mengecek satu per satu hasil kerja siswa).
       Ibu senang sekali, hasil kerja kalian sudah cukup baik. Yinggal dikembangkan lagi.
Mungkin nantinya salah satu dari kalian ada yang bercita-cita untuk jadi wartawan  atau peliput berita. Disitulah kalian bisa belajar dan memperdalam lagi mengnai wawancara. Tapi ini ada dua kelompok yang masih kurang sesuai dengan cara-cara menulis wawancara . nanti ibu kembalikan dan tolong dilengkapi. Ini kelompok              dan kelompok ………bisa diambil kembali. Setelah selesai langsung dikumpul kembali.”
Siswa       : “ iya Bu .”
Elaborasi
Guru        : “ Karena waktu sudah hampir habis jadi tugas semua harus dikumpul termasuk yang perbaikan. Sebelum ibu menutup pelajaran, kita simpulkan pembelajaran hari ini bersama-sama. Ayo siapa yang bersedia menyimpulkan?”
Siswa       : “ saya Bu. “
Guru        : “ iya silahkan. Hari ini kita sudah belajar tentang wawancara. Mulai dari hal-hal yang harus dipersiapkan ketika akan melakukan wawwancara sampai ccara menulis hasil wawancara.
Guru        : “ iya, benar sekali. Dan ibu akna tambahkan sedikit. Ketika kita kan melakukan suatu wawwancara , agar wawancara itu dapat berhasil atau berjalan dengan baik, maka harus sesuai dengan tahap-tahap wawancara. Baiklah, untuk hasil tugas kalian hari ini akan ibu bagikan pada pertemuan yang akan datang dan untuk tugas kalian di rumah, carilah berita tentang apa sajayang sedang hangat-hangatnya dibicarakan dalam masyarakat. Kalian bisa mencari di media massa atau elektronik. Kalau dari media massa kalian bisa langsung guntin, tetapi jika berita itu di dapatkan melalui televise atau radio tentunya kalian harus merekam atau menulis kembali berita yang baru saja kalian dengar.  Bagaimana sudah jelas dengan tugas kalian?”
Siswa       : “ mengerti bu.”
Guru        : “ ibu memberikan tugas itu karena pertemuan yang akan datang kita akan membahas tentang berita. Karena waktu sudah habis ibu akhiri pertemuan hari ini. Sebelumnya
Tolong pimpin doa dulu !”
Siswa       : “  teman-teman sebelum kita akhiri pelajaran hari ini marilah kita berdoa menurut kepercayaan masing-masing. Berdoa mulai! Berdoa selesai.”
Guru        : “ terima kasih dan ibu akhiri wassalamualaikum Wr. Wb.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More